728x90 AdSpace

Latest News
Sunday 16 August 2015

Budidaya padi gogo

Beras adalah makanan pokok orang Indonesia dan berbagai negara di kawasan Asia dan Brasil. Beras dihasilkan dari tanaman padi yang termasuk rumput berumpun. Ada sekitar 25 jenis tanaman padi yang paling sering ditanam oleh petani dengan cara budidaya disawah atau diladang. Namun jenis padi yang ditanam disawah berbeda dengan jenis padi yang ditanam di ladang atau didaerah perbukitan. Cara tanam padi disawah membutuhkan banyak air untuk menggenangi sawah sementara di ladang atau didaerah perbukitan, sangat jarang terdapat sumber air yang melimpah.


Padi Gogo untuk Daerah Ladang dan Bukit
Oleh sebab itu  untuk daerah ladang dan perbukitan, padi gogo adalah jenis padi yang paling cocok. Padi ini sangat berbeda dengan saudaranya padi yang ditanam di areal persawahan seperti padi Sri. Jenis gogo tidak banyak membutuhkan air dan juga pengolahanya cukup mudah. Untuk bercocok tanam padi jenis gogo maka ikuti teknik budidaya atau langkah dibawah ini.

Cara Menanam Padi Jenis Gogo
Tips pertama cara budidaya padi gogo tidak jauh berbeda dengan teknik menanam padi jenis lain semisal padi ciherang. Yang pertama harus dilakukan adalah mengolah tanah. Tanah sawah harus diolah dengan benar. Cara mengolah ladang untuk padi gogo harus disesuaikan dengan musim. Waktu yang tepat untuk mulai mengolah ladang adalah akhir musim kemarau sekitar bulan oktober dan november sehingga ladang diperkirakan akan mendapat pasokan air hujan pada saat tanaman membutuhkan air.

Pemeliharaan Ladang dan Persemaian
Ladang harus bersih dari rumput dan sampah plastik agar pertumbuhan padi menjadi maksimal. Tanah dibajak dan digaru seperti teknik menanam padi biasa. Setelah tanah selesai diolah maka yang perlu dilakukan adalahpembibitan. Langkah ini sangat penting karena jika pembibitan gagal maka pohon padi tidak akan tumbuh dengan sempurna dan bulir padi juga tidak akan terisi dengan sempurna dan hasil per hektar akan sedikit. Bertanam padi membutuhkan kesabaran serta teknik yang benar. Hanya petani yang sudah berpengalaman yang mampu menghasilkan padi dengan jumlah dan kualitas yang terbaik. Setelah bibit mulai disemai, maka pindahkah bibit tersebut ke areal ladang.

Penanaman Padi Gogo
Untuk cara menanam padi  jenis gogo maka teknik yang bisanya anda pergunakan saat menanam padi hibrida juga bisa digunakan. Padi gogo ditanam diareal ladang yang sudah tergenang air 1-2cm dan padi ditanam dengan kedalaman sedang agar akar bisa berkembang maksimal dan tidak patah. Seperti layaknya bercocok tanam jenis padi lainnya, maka pemupukan harus diperhatikan. Paling baik memupuk sawah dengan pupuk organik seperti pupuk kandang atau daun-daunan daripada dengan pupuk kimia namun penggunaan pupuk kimia juga tidak dilarang asal masih dalam batas kewajaran.

Teknik Budidaya Padi Gogo
Teknik bubidaya padi jenis gogo tidak membutuhkan banyak perhatian dan perlakukan. Cukup anda bersihkan ladang dari rumput serta hama pengganggu lain seperti tikus dan burung maka hasil yang akan dicapai akan cukup memuaskan. Pengairan hanya diperlukan saat awal tanam dan saat padi mulai berbunga.  Karena padi gogo sangat tergantung air hujan maka biasanya padi gogo hanya bisa ditanam sekali dalam setahun dan diselingi dengantanaman kering seperti jagung dan kedelai. Setelah sekitar 3-4 bulan dan bulir padi sudah mulai menguning maka padi siap untuk dipanen. Gunakan arit yang tajam untuk mengurangi kerontokan padi saat memanen. Hasil padi gogo per hektar lumayan besar yaitu 3-4 ton gabah kering giling perhektar sehingga mampu menunjang kehidupan para petani.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Budidaya padi gogo Rating: 5 Reviewed By: RUSTADHIE