728x90 AdSpace

Latest News
Sunday 16 August 2015

Banyak Blogger Yang Ngeblog Tentang Blog?

Kenapa Banyak Blogger Yang Ngeblog Tentang Blog?
Dulu waktu pertama kali belajar ngeblog saya selalu bertanya-tanya di dalam hati kayak gini:
Kenapa kok banyak banget blog-blog yang isinya tentang blog, tutorial blog lah, tips ngeblog lah, trik ngeblog lah?
Bahkan saya sendiri juga ikut-ikutan menulis tutorial blog padahal saya sama sekali nggak punya banyak pengalaman tentang blog.

Alasan kenapa banyak blogger yang ngeblog tentang blog
Setelah cukup lama ngeblog akhirnya saya sudah mulai menemukan jawaban untuk pertanyaan tersebut.

Nah di bawah ini adalah beberapa alasan yang menurut saya membuat banyak blogger yang ngeblog tentang blog.

1. Karena mereka (dan saya) suka ikut-ikutan
Alasan paling jelas adalah karena kebanyakan blogger pemula suka ikut-ikutan, tak terkecuali saya sendiri. Melihat blog-blog tutorial blog yang begitu populer, banyak yang komentar, ranking alexanya ramping, jujur itu membuat saya kepengin bisa mempunyai blog yang populer seperti itu. Saya yakin semua orang juga kepengin.
Memang nggak ada yang salah kalau kita kepengin ikut-ikutan, tapi untuk membuat blog yang populer dan mendapatkan banyak pengunjung sebenernya nggak harus dengan membahas tentang blog. Banyak topik-topik lain di luar sana yang masih bisa dipilih.

2. Karena mereka tidak tahu topik lain selain blog
Seperti yang sudah sedikit saya sebutkan di atas, di blog sebenernya kita bisa menulis tentang apa saja, topiknya sama sekali tidak terbatas. Tapi karena kebanyakan blogger pemula terlalu sering membaca blog-blog tutorial blog, maka akhirnya terbentuk sebuah mindset atau cara befikir di kepala bahwa satu-satunya topik yang bisa dibahas di blog ya cuma blog.

Saya yakin sobat tahu dengan blogger populer asal Australia bernama Darren Rowse pemilik blog problogger.net. Darren Rowse disebut-sebut sebagai bapaknya blogger di dunia karena blognya problogger.net yang membahas tips-tips ngeblog.
Nah banyak yang mengira Darren Rowse menjadi sukses karena blognya yang beralamat di problogger.net. Padahal sama sekali tidak.

Memang problogger.net sangat populer dan saya yakin menghasilkan tidak sedikit penghasilan. Tapi yang paling membuat Darren Rowse sukses adalah dari blognya yang beralamat di http://digital-photography-school.com/
Blog yang membahas topik digital photography tersebut memiliki pelanggan RSS 800ribu lebih dan fans di facebook mencapai 700ribu. Sangat berbeda jauh dengan problogger.net.

3. Karena mereka senang menulis apa yang sedang dipelajari
Blogger pemula artinya baru belajar ngeblog, nah kalau baru belajar ngeblog biasanya sedang asik-asiknya membaca artikel-artikel tentang blog. Karena saking asiknya sampe menulis apa yang sedang dipelajari di blognya sendiri.

Apakah itu salah?
Sama sekali tidak.
Cuma masalahnya, apakah mampu untuk secara konsisten menulis artikel-artikel tentang blog? apakah mampu untuk bersaing dengan blog-blog yang lebih dulu populer?
Nah kebanyakan blogger pemula cuma semangat di awal saja. Ketika mereka sadar bahwa membuat blog tentang blog yang populer tidaklah mudah, mereka mulai nggak semangat dan akhirnya berhenti ngeblog.

Terus kenapa blog ini membahas tips ngeblog, apa juga karena ikut-ikutan?
Jika sobat nanya pertanyaan tersebut tahun 2011 yang lalu, maka jawabannya adalah, YA.
Tapi jika sobat nanya sekarang, maka jawabannya adalah, TIDAK.
Alasan kenapa blog ini membahas tips ngeblog bukan karena saya kepengin ikut-ikutan, tapi karena ada alasan tertentu.

Berikut adalah beberapa alasannya:
1. Karena saya jualan template blogger
Awal pertama kali saya membuat blog ini, saya sama sekali tidak mempunyai tujuan yang jelas. Ikut-ikutan menulis tutorial blog yang saya sendiri nggak ngerti dengan apa yang saya tulis.
Kerena saya mulai males ngeblog cuma sekedar ikutan-ikutan, saya memutuskan untuk menulis apa saja di blog ini sesuai dengan apa yang saya sukai, mulai dari teknologi, sepakbola, sampai topik-topik yang nggak jelas.

Setelah cukup lama mengelola blog dengan topik yang nggak jelas dan tujuan yang nggak jelas, saya mulai bingung karena pengunjung nggak naik-naik, daftar AdSense ditolak terus. Lebih parahnya lagi, dulu saya masih ngeblog menggunakan HP Nokia C2-01.
Nah akhirnya muncul sebuah ide untuk menjual template blogger karena dulu saya hobi edit-edit template blogger.
Jujur saya bukan blogger yang ahli desain apalagi coding, tapi saya nekat dengan segala kemampuan yang saya miliki untuk menjual template blogger. Harapan utama saya adalah supaya bisa dapet sedikit uang untuk beli laptop.

Singkat cerita saya akhirnya menjual template blogger premium pertama saya bernama “Mas Sugeng Blogger Template” Tapi template tersebut saya jual bukan di blog ini, melainkan di forum ads.id.
Alhamdulillah di awal ada beberapa orang yang membeli, tapi setelah itu sepi karena saya dibanned dari forum ads.id dengan alasan jualan salah tempat.


Uang yang saya dapatkan dari penjualan template blogger di forum ads.id hanya sekitar beberapa ratus ribu saja. Jelas sama sekali tidak cukup untuk membeli laptop.
Karena hal tersebut saya mencoba untuk menjual template blogger premium saya di blog sendiri. Tapi apa hasilnya? sepi nggak ada yang beli. Alasannya jelas karena blog saya nggak jelas.
NAHHHHHHHHH…….. itulah awal mula kenapa saya memutuskan untuk memfokuskan blog ini sebagai tempat berbagi pengalaman ngeblog berupa tips maupun tutorial agar blog ini bisa mendapat pengunjung tertarget dari kalangan blogger.

Hasilnya apa?
Template yang saya jual laris manis. Bukan bermaksud sombong atau gimana, tapi dari niat awal yang cuma pengin bisa beli laptop, saya malah bisa beli komputer, motor, tanah, dan yang paling penting bisa membahagiakan orang tua.

2. Karena saya menyukainya
Alasan terakhir karena secara pribadi saya memang senang mempelajari hal-hal yang berhubungan tentang blogging, seperti menulis, internet marketing, SEO, dan lain sebagainya.
Saya sudah membahas topik blogging sekitar 3 tahun lebih, tapi sampe sekarang saya belum merasa bosan ataupun males justru malah sebaliknya. Saya rasa masih banyak sekali yang bisa saya pelajari dan bisa dibagikan di blog ini.
Kesimpulan…

Pada postingan ini sebenernya saya nggak kepengin curhat, tapi mudah-mudahan tetap bisa diambil manfaatnya.

Apa yang bisa saya sampaikan berdasarkan apa yang sudah saya tulis di atas adalah:
Jadi diri sendiri dan jangan suka meniru-niru orang lain jika sobat benar-bener pengin bisa mengambil manfaat dari blog yang sobat kelola.
AdSense bukanlah satu-satunya cara untuk menghasilkan uang dari blog. Contohnya sederhananya saya yang menghasilkan uang dari jualan template blogger.
Tapi ingat… jika sobat tertarik untuk jualan template blogger karena ikut-ikutan saya, maka saya nggak menjamin bakalan bisa meraih hasil yang sama.
Masih banyak metode menghasilkan uang dari blog yang mungkin masih belum banyak yang mengetahuinya.

Dulu waktu awal pertama saya jualan template blogger, sangat sedikit orang yang berjualan template blogger, dan saya nggak tahu apakah nanti akan laku atau tidak. Seperti yang sobat tahu saja, banyak sekali di luar sana penyedia template blogger gratis yang keren-keren.
Tapi apa kenyataannya?
Mantab benget!!

Ditulis oleh Mas Sugeng
Tutor Blogger senior

 http://sugeng.id/
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Banyak Blogger Yang Ngeblog Tentang Blog? Rating: 5 Reviewed By: RUSTADHIE