Friday, 15 May 2015

Kandungan kimia dan manfaat propolis


Lem lebah atau orang menyebutnya propolis merupakan suatu zat resin yang diproduksi oleh lebah madu dari sumber tumbuhan. Lebah mengumpulkan getah yang digunakan untuk menutupi lubang kecil, yang selanjutnya getah penutup lubang ini banyak dicari orang untuk dimanfaatkan sebagai obat. Banyak orang tidak mengetahui manfaat propolis untuk kesehatan.

Propolis bersifat lengket dan warnanya coklat tua. Namun tergantung pada sumber tumbuhannya. Jika pada suhu rendah, propolis akan menjadi keras dan rapuh. Manfaat propolis sebagai obat herbal yang salah satunya yaitu sebagai antinyeri.
Komposisi kimia dalam propolis

Komposisi kimia yang terdapat dalam propolis bervariasi karena bergantung dari mana asal bahannya dikumpulkan oleh lebah. Dalam sebuah penelitian, lebah mengumpulkan madu yang mengandung senyawa aktif sebagai berikut.

Resin
Kandungan kimia resin dalam propolis berkisar antara 45 – 55%. Resin dalam tumbuhan berguna untuk melindungi tanaman dari serangan penyakit dan ancaman cuaca. Senyawa yang terkandung dalam resin sendiri juga ada beberapa macam yaitu senyawa keton, asam benzoat, steroid, lakton, dan sejumlah vitamin (vitamin B1, B2, B6, A, C, dan E).

Senyawa lilin
Lilin yang diproduksi oleh lebah pekerja, disekresikan oleh kelenjar lilin kemudian dibawa ke bawah perut lebah. Ada 2 macam lilin, yaitu lilin putih atau cera alba dan lilin kuning atau cera flava. Beberapa senyawa yang terkandung di dalam lilin lebah antara lain ikatan ester, asam lemak, dan rantai alkohol hidrokarbon.

Pollen
Pollen merupakan zat tepung yag berasal dari sari bunga jantan yang dibawa kaki lebah pekerja. Protein dan asam amino merupakan kandungan utama dalam pollen. Sehingga dalam propolis terdapat kandungan arginin dan prolin.

Mineral
Sejumlah mineral terdapat di dalam propolis. Di antaranya zat besi, magnesium, seng, fosfor, kalium, mangan, flour, kalsium, dan natrium. Mineral terbanyak dalam propolis adalah zat besi dan seng.
Manfaat propolis untuk segala usia
Manfaat propolis tidak hanya untuk orang dewasa saja. Propolis bisa untuk segala usia. Manfaat propolis untuk kesehatan adalah sebagai berikut.

Manfaat propolis bagi balita
Untuk balita propolis bisa sebagai imunisasi alami dan membantu perkembangan otak

Manfaat propolis untuk anak-anak
Propolis baik untuk anak-anak yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan anak, menambah nafsu makan, mencegah keterbelakangan mental, meningkatkan daya tahan tubuh, dan meningkatkan hormon pertumbuhan.

Manfaat propolis bagi orang sakit
Orang yang sedang mengalami sakit terkadang makan tidak enak. Propolis ini bermanfaat untuk orang sakit di antaranya, meningkatkan nafsu makan, daya tahan tubuh, menghambat radikal bebas, dan mencegah segala macam penyakit lainnya yang masuk ke dalam tubuh.

Manfaat propolis bagi wanita dewasa
Khusus bagi para wanita dewasa, propolis bermanfaat untuk menambah kesuburan, melancarkan haid, mencegah dan mengobati penyakit kewanitaan, serta menjaga agar tetap awet muda.

Manfaat propolis bagi pria dewasa
Untuk pria dewasa, propolis berguna sebagai pemulih stamina, melancarkan BAB, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah serta mengobati penyakit prostat, batu ginjal, dan penyakit pinggang.

Manfaat propolis bagi wanita hamil
Propolis baik untuk wanita hamil karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membersihkan rahim dari jamur, bakteri, dan virus, membantu pertumbuhan janin, dan melindungi janin dari segala macam penyakit.

Manfaat propolis bagi lansia
Bagi orang yang sudah lanjut usia, propolis digunakan untuk meingkatkan daya tahan tubuh dan mencegah serta mengobati reumatik, asam urat, diabetes, stroke, darah tinggi, jantung koroner, atau katarak.

Manfaat propolis tidak hanya untuk orang dewasa saja, propolis juga sangat baik untuk segala usia. Untuk mencegah maupun mengobati segala macam penyakit.

 alamtani.com

No comments:
Write komentar