Tuesday, 19 May 2015

Sehat Jasmani yang Islami


Seseorang yang sehat jasmani ada peranan Allah di dalamnya. Allah akan memberikan kesehatan, kalau orang tersebut mau berusaha melakukan usaha menjaga dan melindungi dirinya dari hal yang merusak kesehatan. Untuk itu lakukanlah ikhtiar seoptimal mungkin dan senantiasa berdo’a agar diberikan kesehatan rohani dan jasmani.
Untuk menjaga kesehatan jasmani yang Islami, Allah memberikan petunjuk untuk senantiasa memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi, sebagaimana firmanNya:

”Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan; karena sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu” (QS. Al Baqarah/2 : 168).
Pertama yang harus diperhatikan apakah makanan atau minuman itu halal atau tidak. Halal bisa dilihat dari zatnya sendiri dan cara memperoleh makanannya. Kedua makanan yang baik yang tentu baik bagi kesehatan jasmani dirinya. Banyak makanan dan minuman yang halal tetapi membahayakan bagi kesehatan orang-orang tertentu. Sebagai contoh sop dan sate kambing sungguh nikmat, tapi bagaimana kalau dimakan oleh orang yang mempuyai penyakit darah tinggi? Tentu bahaya, bisa-bisa orang tersebut tekanan darahnya naik drastis, sehingga berpeluang mengakibatkan penyakit seperti hipertensi, strooke dan lain lain.
Makanan yang berkaitan dengan jasmani, seringkali digunakan setan untuk memperdaya manusia. Bagi kaum muslimin terutama bagi orang yang sudah memasuki usia senja atau usia 40 tahun ke atas, makanan yang halal, yang dipilih tentu yang baik bagi kesehatan jasmani yaitu yang bergizi, tidak mengandung kolesterol tinggi, pengawet buatan dan pewarna buatan. Perbanyaklah makan sayuran dan buah-buahan serta kurangilah lemak, minyak, gula dan garam. Makan dan minumlah secukupnya dan janganlah berlebih-lebihan. Tidak merokok dan usahakanlah makan ketika lapar dan berhenti makan sebelum kenyang, sebagaimana hadits Rasulullah Saw:
“Kita ini golongan umat yang makan karena sudah lapar, dan apabila kita makan tidak sampai kenyang” (HR. Abu Daud).
Hindari stress, kegalauan dan kesedihan, yang bisa membahayakan kesehatan serta lakukanlah olah raga yang menyehatkan dan sesuai dengan porsi kemampuan, yang dilakukan secara teratur. 
(Suwandi Pegawai Pertanian)

No comments:
Write komentar