Tuesday, 19 May 2015

Belut Listrik Ini Setrum Buaya Hingga Kelojotan



Seekor anak buaya menggelepar tanpa nyawa dan terbujur kaku usai mengigit seekor belut dewasa, yang ukurannya berkali lipat lebih kecil.
Si buaya terlihat berusaha menggigit si belut yang tengah mengambil makanan. Dia kemudian melakukan gerakan menggigit. Namun yang terjadi justru si buaya kelojotan.
Dilihat dari tayangan itu, si buaya selama tiga menit terlihat menggelepar seperti orang terkena sengatan listrik, dan kemudian diam tak bergerak, ternyata sia buaya mati.
Berdasarkan hasil penelusuran Sripoku.com, belut ini memiliki nama ilmiah electrophorus electricus, belut listrik merupakan sejenis ikan yang dapat menghasilkan aliran listrik hingga 650 volt.
Kelebihan ini merupakan bagian kemampuan tubuhnya untuk berburu dan membela diri dari serangan musuh, terutama predator yang berbadan lebih besar dari tubuhnya.
Kekuatan listrik yang mencapai 400 kali batu baterai itu bahkan bisa dimanfaatkan untuk menerangi sebuah pohon Natal di Jepang.
Seperti dilansir dari kompas.com, paling sering ditemukan di perairan Amerika Selatan, belut listrik menghasilkan listrik lebih dari hewan lain di dunia. Dengan 5.000 sampai 6.000 electroplax!


No comments:
Write komentar