Saturday, 11 June 2011

MENGGALI POTENSI DIRI YANG TERSEMBUNYI


Kita sebagai Manusia adalah merupkan makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki sebenarnya kelebihan dibanding makhluk-makhluk lain yang diciptakan oleh Allah SWT. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh manusia adalah memiliki potensi yang tersembunyi di dalam diri kita masing-masing.


Pada dasarnya potensi yang tersembunyi pada diri manusia adalah potensi
1.     akal,
2.    rohani,dan
3.    potensi jasmani.

Ketiga potensi tersebut dapat kita kembangkan,tergantung kepada masing-masing individunya. Apalagi kalau kita mengoptimalkan ketiga potensi tersebut, insya Allah kita akan mendapatkan hasil yang maksimal di kehidupan kita ini.

Disini saya akan mencoba menjelaskan apa itu potensi akal,rohani,dan jasmani pada diri manusia.

1.     Potensi akal atau otak manusia : Dibandingkan makhluk yang lain kita diberkahi akal atau pikiran yang sangat berguna dalam menjalani kehidupan di dunia ini.Dengan adanya akal, kita dapat mencari ilmu yang tersebar di dunia ini.Tentu saja ilmu tersebut ada efek positif ataupun negatif.Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, tergantung kepada individu masing-masing ingin mengembangkan kearah positif atau negatif.Tetapi, pada dasarnya seluruh ilmu yang ada sangat berguna bagi kita sampai kita wafat nanti.

2.    Potensi rohani atau hati manusia : Potensi ini sangatlah penting bagi kita dalam menunjang segala potensi yang ada, karena potensi ini lah yang membuat kita dapat memilah sesuatu yang benar atau sesuatu yang salah dan merugikan.Bila kita dapat mengembangkan secara benar potensi ini, maka nantinya kita akan selalu dijalan yang benar dalam mengembangkan dua potensi yang lain yaitu potensi akal dan jasmani.Oleh karena itu, sangat beruntung lah orang yang memiliki keyakinan dan menjalani segala ajaran-ajaran yang telah ditetapkan oleh agamanya, karena saya orang muslim maka saya mengajak kepada seluruh muslim dan muslimah untuk beribadah kepada Allah dan menjalankan segala perintah-perintahNya.Insya Allah kita akan selalu berpikiran positif dan menjauhi segala pikiran negatif yang dapat merugikan diri kita sendiri.

3.    Yang terakhir adalah potensi jasmani manusia. Potensi inilah yang menunjang aktifitas dan kegiatan kita sehari-hari.Kedua potensi yang saya sebutkan diatas tidak dapat berjalan maksimal jika tubuh kita sedang tidak fit.Supaya potensi ini dapat berkembang dengan baik dan positif, maka kita harus menjaga kesehatan tubuh kita, baik dengan makan makanan yang bergizi maupun berolahraga teratur.Setelah itu, kita pakai tubuh kita untuk melakukan kegiatan yang positif dan berguna baik bagi kehidupan di dunia maupun di akhirat nanti.

Demikianlah Allah s.w.t menciptakan kehidupan dunia ini adalah sebagai ujian bagi manusia untuk menentukan siapa yang paling baik amalnya dan siapa yang bisa menjaga ketiga potensi yang diamanatkan Allah tersebut. Bagi orang-orang yang bisa menjaga amanat yang Allah s.w.t berikan, maka ia akan menjadi mulia di sisi Allah s.w.t, dan begitu pula sebaliknya.

No comments:
Write komentar