Saturday, 23 June 2012

Rencana Penelitian Balitkabi 2013 Dibahas Empat Profesor Tim Puslitbangtan


Pembahasan yang dihadiri oleh semua peneliti, kepala KP lingkup Balitkabi, dan penanggung jawab kegiatan dilangsungkan pada tanggal 14-15 Juni 2012 di Aula utama Balitkabi. Hadir sebagai pembahas pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Joko S. Damarjati, Prof. Dr. Suyamto, Prof. Dr. Karim Makarim, Dr. Nyoman Widiarta, Prof. Dr. Titis Adisarwanto, dan Ir. Husni Kasim. Kegiatan dibuka langsung oleh kepala Balitkabi, Dr. M. Muchlish Adie. Sebagai moderator adalah Prof. Dr. Marwoto yang juga Ketua Program Balitkabi.

Kegiatan tahun 2013 yang dibahas adalah: (1) Pengelolaan dan pemberdayaan plasma nutfah aneka kacang dan umbi, (2) Teknologi produksi untuk meningkatkan hasil ubikayu dan ubijalar 40-75%, (3) Perbaikan komponen teknologi produksi untuk peningkatan produktivitas aneka kacang dan umbi 30-50% dari rata-rata nasional,
(4) Formulasi pestisida nabati dan agens hayati untuk pengendalian hama dan penyakit utama aneka kacang ramah lingkungan menghemat pestisida kimia 50%, (5) Teknologi produksi untuk meningkatkan produktivitas kacang tanah dan kacang hijau 30–50% dari produksi saat ini (existing), (6) Perakitan varietas ubikayu umur genjah/sedang, pati tinggi (>22%) untuk pangan dan industri dengan potensi hasil 50 t/ha dan perakitan varietas ubijalar berkadar beta karoten (>12.000 ug/100 g) dan antosianin (550 mg/100 g) sebagai pangan fungsional dengan potensi hasil >35 t/ha, (7) Perakitan varietas kacang tanah umur genjah (80-85 hari), toleran cekaman biotik dan abiotik dengan potensi hasil 4,0 t/ha dan kacang hijau umur genjah (57-58 hari) toleran cekaman biotik utama potensi hasil >2,0 t/ha, (8) Perakitan varietas kedelai tropis untuk lahan sawah (≥3 t/ha), toleran kekeringan (≥2,0 t/ha), naungan (≥1,5 t/ha), pasang surut (≥1,5 t/ha), dan cekaman biotik (≥1,5 t/ha), (9) Konsorsium percepatan pelepasan varietas unggul dan sistem produksi benih kedelai, (10) Produksi benih sumber tanaman aneka kacang dan umbi dengan sistem managemen mutu (SMM) berbasis ISO 9001-2008, (11) RDHP, (12) Peragaan Teknologi dan Temu Lapang (PTTP), (13) Penyebaran varietas unggul dan preferensi petani terhadap komoditas ubikayu.


Dari kiri, Prof. Dr. Titis Adisarwanto, Prof. Dr. Karim Makarim, Prof. Dr. Suyamto, Prof. Dr. Joko S. Damarjati, dan Dr. Nyoman Widiarta.

Pada pembahasan tersebut dianjurkan bahwa semua kegiatan yang akan dilaksanakan harus mengacu kepada mandat balai, perlu kegiatan eksplorasi plasma nutfah dan perbaikan sarana penunjangnya antara lain ruang simpan benih, pelepasan varietas unggul baru kedelai masih merupakan indikator utama, perlu komunikasi yang baik antar peneliti sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan dapat lebih fokus, dan perlu adanya prioritas penelitian yang ditangani.


Suasana pembahasan rencana penelitian Balitkabi 2013 di Aula utama Balitkabi.

 http://balitkabi.litbang.deptan.go.id/id/kilas-litbang/rencana-penelitian-balitkabi-2013-dibahas-empat-profesor-tim-puslitbangtan

No comments:
Write komentar