Friday, 3 February 2012

Perpanjangan Batas Usia Pensiun

Presiden Republik Indonesia telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2010 tanggal 27 Agustus 2010 tentang Perpanjangan Batas Usia Pensiun Pegawai Negeri Sipil Yang Menduduki Jabatan Fungsional Penyuluh Pertanian, Penyuluh Perikanan dan Penyuluh Kehutanan. Terbitnya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2020 ini menjadi angin segar bagi para penyuluh. Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2010 ini memberikan kejelasan tentang batas usia pensiun (BUP) penyuluh pertanian, penyuluh perikanan dan penyuluh kehutanan.


Dengan Perpres Nomor 55 Tahun 2010 ini, Penyuluh Pertanian Trampil dengan pangkat III.c yang sebelumnya batas usia pensiunnya hanya sampai usia 56 tahun, dapat diperpanjang sampai dengan usia 60 tahun. Dan Penyuluh Pertanian Ahli yang pangkatnya III b batas usia pensiunya juga dapat diperpanjang sampai dengan usia 60 tahun.
Pasal satu Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2010 secara jelas menyebutkan bahwa :
“Pegawai Negeri Sipil yang diangkat dan ditugaskan secara penuh dalam jabatan fungsional Penyuluh Pertanian, Penyuluh Perikanan dan Penyuluh Kehutanan jenjang Madya dan Utama dapat diperpanjang batas usia pensiunya sampai dengan 60 (enam puluh) tahun”.
Selain itu Perpres 55 Tahun 2010 ini juga memberikan ketegasan tenang pemberhentian penyuluh pertanian, penyuluh perikanan dan penyuluh kehutanan. Pada Pasal Empat disebutkan bahwa pemberhentian pegawai negeri sipil yang menduduki jabatan fungsional Penyuluh Pertanian, Penyuluh Perikanan dan Penyuluh Kehutanan yang ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan sebelum berlakunya Peraturan presiden ini dinyatakan tetap berlaku. Ini berarti Penyuluh Pertanian Trampil dengan pangkat III c yang sudah dinyatakan pensiun dan bahkan sampai dikenai denda mengembalikan selisih gaji karena sudah terlewatinya batas usia pensiun sesui dengan peraturan yang lama tidak bisa memakai Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2010 sebagai dasarnya dan tetap mengembalikan selisih gaji yang diterimanya. 

Dengan berlakunya Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2010 ini maka ketentuan batas usia pensiun (BUP) bagi pegawai negeri sipil yang menduduki jabatn funsional Penyuluh Pertanian sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Presiden Nomor 63 Tahun 1986 tentang Batas Usia Pensiun Pegawai Negeri Sipil yang menjabat Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Penyuluh Pertanian dicabut dan dinyatakn tidak berlaku lagi. 

Mudah-mudahan terbitnya Peraturan Presiden Nomo 55 Tahun 2010 ini dapat memberikan kejelasan dan kepastian tentang batas usia pensiun penyuluh pertanian, penyuluh perikanan dan penyuluh kehutanan sehingga penyuluh yang terkena denda untukmengembalikan selisih gajinya karena penerapan peraturan yang lama mengenai batas usia pensiun (BUP) ke depan tidak ada lagi. Dan penyuluh pertanian,penyuluh perikanan dan penyuluh kehutanan dapat bekerja kembali dengan motivasi dan semangat tinggi untuk bersama-sama petani membangun pertanian Indonesia. 

Untuk anda yang membutuhkan file tersebut secara lengkap dapat diunduh disini atau mengunduhnya pada Menu Download Gratisdi atas 


http://www.penyuluhpertanian.com/perpanjangan-batas-usia-pensiun-bup-penyuluh-pertanianpenyuluh-perikanan-dan-penyuluh-kehutanan

2 comments:
Write komentar
  1. Terimakasih atas info nya mas.........

    ReplyDelete
  2. Info yang sangat berharga, sedikit urun rembug "Penyuluh Terampil jenjang penyelia yang dapat diperpanjang sampai usia 60 tahun hanya penyuluh pertanian yang diangkat sebagai penyelia sebelum 27 agustus 2010, sedangkan yang diangkat sesudahnya tetap pensiun di usia 56 (tidak dapat diperpanjang)". Acuannya bukan golongan tapi jabatan, karena pada kasus tertentu seseorang bisa berada pada golongan III c, namun jabatannya bukan penyelia. Misalnya seorang penyuluh terampil golongan III b pindah ke struktural, selama di struktural berhasil naik pangkat sampai III d, pada usia 55-56 dia kembali ke fungsional, bila saat kembali ke fungsional angka kreditnya hanya memenuhi untuk jabatan PP pelaksana lanjutan, maka dia akan diangkat sebagai PP lanjutan dan tetap pensiun di usia 56. Trims, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete