728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday 22 March 2017

Budidaya Sapi potong

Membudidayakan sapi potong bisa menjadi sesuatu yang menjanjikan rupiah bagi semua orang saat ini dan jika Anda juga berniat membudidayakan sapi potong, tentu Anda perlu mengetahui cara budidaya sapi potong. Ada berbagai cara pembudidayaan sapi potong mulai dari pemilihan bibit, pemberian pakan, serta pemberian vitamin dan banyak hal lainnya. Dalam pembudidayaan sapi potong, penting juga melakukan upaya penggemukan sapi mengingat semakin gemuk seekor sapi potong, semakin besar juga kemungkinan sapi tersebut diminati oleh banyak orang. Berikut adalah berbagai cara yang bisa Anda lakukan dalam membudidayakan sapi potong.

Memilih Bibit Unggul Untuk Diternak
Ketika hendak beternak sapi potong, hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu memilih bibit sapi yang unggul. Bibit unggul yang bisa Anda pilih untuk diternak yaitu sapi yang sehat dan selain sehat, sapi tersebut juga tidak boleh cacat. Selain sehat dan tidak cacat, sapi bibit unggul juga haruslah sapi yang tidak kurus dan proporsi tubuhnya serasi, seperti sapi-sapi sehat pada umumnya. Disamping itu, sapi yang hendak Anda budidayakan juga harus mempunyai dada didalam dan cukup lebar karena itu menandakan bahwa sapi tersebut berkualitas.

Menentukan Lokasi Kandang dan Membangun Kandang
Selain memilih bibit unggul, langkah lain yang wajib Anda lakukan yaitu memilih lokasi kandang yang tepat, serta membuat konstruksi kandang yang baik. Lokasi kandang yang tepat yaitu lokasi yang berdekatan dengan perkebunan supaya supplai tanaman yang akan digunakan untuk pakan sapi bisa mudah dilakukan. Sementara itu, untuk konstruksi kandang, Anda bisa memilih untuk membuat kandang tunggal yaitu kandang untuk satu ekor sapi atau kandang koloni yaitu kandang untuk banyak sapi. Anda bisa membuat kandang tunggal dengan ukuran 2,25 meter x 1 meter sementara jika Anda inging membangun kandang koloni, ukuran yang ideal yaitu 7 x 9 meter.

Pemberian Pakan yang Tepat
Setelah membuat kandang, memberikan pakan yang tepat juga merupakan cara budidaya sapi potong yang sangat penting dalam berternak sapi. Pakan yang tepat yang dapat Anda berikan kepada sapi Anda bisa meliputi rumput-rumputan seperti rumput gajah, rumput benggala, rumput setaria, serta rumput raja, turi, dan lain sebagainya. Selain rumput, pakan lain yang bisa Anda gunakan dalam memelihara sapi Anda yaitu limbah pertanian seperti jerami kacang kedelai, jagung, kacang panjang, dan padi. Tentu saja, teknik beternak yang tepat juga meliputi pemberian konsentrat pada sapi.

Perawatan Serta Pembibitan Sapi
Selain memberikan pakan yang tepat pada sapi, cara ternak lain yang wajib Anda lakukan dalam berternak sapi potong yaitu perawatan kesehatan sapi tersebut. Anda bisa mencoba memberikan vitamin sapi pada sapi Anda untuk menjaganya tetap sehat. Ada banyak macam vitamin sapi dan vitamin organik merupakan pilihan terbaik yang bisa Anda berikan untuk sapi Anda. Selain pemberian vitamin sapi, beberapa tindakan pembesaran atau penggemukan juga penting Anda lakukan. Hal ini karena mengingat sapi yang Anda pelihara merupakan sapi potong, akan bagus jika anda menjadikan sapi tersebut sapi pedaging dengan membuatnya gemuk dengan cara alami. Hal lain yang tak kalah pentingnya dalam berternak sapi potong yaitu pembibitan atau perkembangbiakan yang bisa Anda lakukan ketika sapi berusia 8-12 bulan, yaitu usia dimana sapi potong sudah memiliki oestrus dan siap berkembangbiak. Anda bisa mengembangbiakkan sapi Anda dengan cara mengawinkan sapi betina yang sedang bronst dengan sapi jantan milik meski terkadang, sapi pun akan kawin dengan sendirinya jika tinggal salam satu kandang yang sama. Ada banyak pilihan yang bisa ambil dalam pembibitan sapi Anda.

Sumber peternakan sapi potong


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Post a Comment

Item Reviewed: Budidaya Sapi potong Rating: 5 Reviewed By: RUSTADHIE